Di era globalisasi ini telah membuka kesadaran masyarakat tentang perkembangan dunia pendidikan. Dengan adanya hal tersebut munculah sejumlah harapan dan
kecemasan dalam kemajuan pendidikan. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan mengupayakan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan yang secara kontinu
dilakukan, termasuk Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang mengembangkan kurikulum kompetensi melalui Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
Beragam program inovatif ikut serta memeriahkan reformasi pendidikan. Reformasi pendidikan adalah restrukturisasi pendidikan yakni memperbaiki kinerja
Lembaga Kursus dan Pelatihan dengan Standarisasi lembaga dan penilaian kinerja LKP.
Dalam makalah ini akan membahas mengenai Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), pengembangan perencanaan pembelajaran, yang mencakup pengembangan perangkat
pembelajaran, termaktub dalam proses menerjemahan kurikulum yang berlaku menjadi program-program pembelajaran yakni; Kalender pendidikan, silabus, dan RPP
(Rencana Persiapan Pembelajaran)
RUMUSAN MASALAH
A.
Apa Itu Kurikulum Berbasis Kompetensi
B.
Apa Pengertian Perangkat Pembelajaran?
C.
Apa Saja Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran?
D.
Bagaimana Contoh dari Perangkat Pembelajaran?
PEMBAHASAN
A.
Kurikulum Berbasis Kompetensi
Pendidikan berbasis kompetensi menekankan pada kemampuan yang harus dimiliki oleh lulusan suatu jenjang pendidikan. Kompetensi yang sering disebut dengan
standar kompetensi adalah kemampuan yang secara umum harus dikuasai lulusan. Kompetensi menurut Hall dan Jones (1976: 29) adalah "pernyataan yang
menggambarkan penampilan suatu kemampuan tertentu secara bulat yang merupakan perpaduan antara pengetahuan dan kemampuan yang dapat diamati dan diukur".
Kompetensi adalah Seperangkat tindakan cerdas, penuh tanggung jawab yang dimiliki seseorang sebagai syarat untuk dianggap mampu oleh masyarakat dalam
melaksanakan tugas-tugas dibidang pekerjaan tertentu ( SK. Mendiknas No.045/U/2002 ).
Kompetensi (kemampuan) lulusan merupakan modal utama untuk bersaing di tingkat global, karena persaingan yang terjadi adalah pada kemampuan sumber daya
manusia. Oleh karena. itu, penerapan pendidikan berbasis kompetensi diharapkan akan menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di tingkat global.
Implikasi pendidikan berbasis kompetensi adalah pengembangan silabus dan sistem penilaian berbasiskan kompetensi.
B.
Pengertian Perangkat Pembelajaran
Perangkat adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pencapaian kegiatan yang diinginkan. Pembelajaran
adalah sebagai proses belajar yang dibangun oleh tenaga pendidik untuk mengembangkan kreativitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir
peserta didik, serta dapat meningkatkan kemampuan mengkonstruksi pengetahuan baru sebagai upaya meningkatkan pengetahuan.
Perangkat pembelajaran adalah serangkaian media/ sarana yang digunakan dan dipersiapkan oleh pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, berikut
dalam tulisan ini kami membatasi perangkat pembelajaran hanya pada: penyusunan kalender pendidikan, Silabus dan Rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
C.
Jenis-Jenis Perangkat Pembelajaran
Jenis-jenis perangkat pembelajaran yang harus diperhatikan dalam pembelajaran diantaranya:
1. Program Tahunan
Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun ajaran untuk mencapai tujuan (standar kompetensi dan kompetensi dasar) yang telah
ditetapkan.
Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik. Karena dikhawatirkan
alokasi waktu yang telah ditentukan tidak sesuai dengan materi pelajaran yang harus disampaikan. Sehingga akan berakibat mengorbankan kualitas pembelajaran
tenaga pendidik. Melalui penetapan alokasi waktu tenaga pendidik. dapat mengestimasi antara jumlah kompetensi dasar atau jumlah materi yang harus dikuasai
dengan waktu yang tersedia.
Dalam program tahunan inilah disusun program perencanaan penetapan alokasi waktu untuk setiap kompetensi dasar yang harus dicapai. Penyusunan program
tahunan pada dasarnya adalah menetapkan jumlah waktu yang tersedia untuk setiap kompetensi dasar.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengembangkan program tahunan adalah:
- Lihat berapa jam alokasi waktu setiap mata pelajaran dalam seminggu dalam struktur kurikulum seperti yang telah ditetapkan pemerintah.
- Analisis berapa minggu efektif dalam setiap semester, seperti yang telah kita tetapkan dalam gambaran alokasi efektif. Melalui analisis tersebut kita dapat menentukan berapa minggu waktu yang tersedia untuk pelaksanaan proses pembelajaran.
Penentuan alokasi waktu didasarkan kepada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh
peserta didik
2. Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok atau pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar
kompetensi dan kompetensi dasar kedalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin
dicapai, dan pokok-pokok serta uraian yang ingin dicapai dan dipelajari peserta didik dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang
saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
Pada umumnya suatu silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
- Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan,
- Sasaran-sasaran mata pelajaran,
- Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik,
- Urutan topik-topik yang diajarkan,
- Aktifitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pengajaran,
- Berbagai teknik evaluasi yang digunakan.
Beberapa prinsip yang mendasari pengembangan silabus antara lain:
a. Ilmiah
Mengingat silabus berisikan garis-garis besar materi pembelajaran yang akan dipelajari siswa, maka materi pembelajaran yang disajikan dalam silabus harus
memenuhi kebenaran ilmiah. Untuk mencapai kebenaran ilmiah tersebut, dalam menyusun silabus dilibatkan para pakar dibidang keilmuan masing-masing mata
pelajaran.
b. Memperhatikan perkembangan dan kebutuhan peserta didik
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran, dan urutan penyajian materi dalam silabus disesuaikan dengan tingkat perkembangan fisik dan psikologi peserta didik.
c. Sistematis
Sebagai sebuah sistem, silabus merupakan satu kesatuan yang mempunyai tujuan terdiri dari komponen-komponen yang satu sama lain saling berhubungan.
Komponen pokok silabus terdiri dari standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, dan materi pembelajaran.
d. Relevansi, konsisten, dan kecukupan
Dalam penyusunan silabus diharapkan adanya kesesuaian, keterkaitan, konsistensi, dan kecukupan anatara standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok
pembelajaran, pengalaman belajar peserta didik, sistem penilaian dan sumber bahan.
Komponen yang harus disusun dalam sebuah silabus yaitu:
a. Menentukan identitas silabus
Identitas silabus terdiri dari nama sekolah, mata pelajaran, kelas dan semester. Penetuan identitas tersebut berfungsi untuk memberikan informasi kepada
guru tentang hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan silabus, misalnya tentang karakteristik peserta didik, kemampuan awal dan kemampuan prasyarat yang
harus dimiliki peserta didik dan lain sebagainya.
b. Rumusan standar kompetensi
Standar kompetensi mata pelajaran adalah deskripsi pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang harus dikuasai setelah peserta didik mempelajari mata pelajaran
tertentu pada jenjang program tertentu pula.
c. Menentukan kompetensi dasar
Kompetensi dasar adalah pengetahuan, keterampilan dan sikap minimal yang harus dicapai oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa telah menguasai standar
kompetensi yang telah ditetapkan, oleh karena itulah maka kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.
d. Merumuskan kegiatan pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah segala aktivitas belajar siswa baik kegiatan fisik, kegiatan non fisik termasuk kegiatan mental yang dilakukan baik di dalam
maupun diluar kelas untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar tertentu. Pembelajaran di dalam kelas misalnya kegiatan mengikuti diskusi,
menyimak penjelasan instruktur, melakukan demonstrasi, melakukan eksperimen di laboratiorium dan lain sebagainya. Sedangkan kegiatan belajar di luar kelas
misalkan melakukan observasi ke suatu objek, mengamati kegiatan tertentu, melakukan wawancara dengan narasumber dan lain sebagainya.
e. Mengidentifikasi materi pokok atau meteri pembelajaran
Materi pokok disusun untuk pencapaian tujuan, oleh karenanya materi pokok dipilih sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dicapai. Beberapa pertimbangan
yang harus diperhatikan dalam menentukan materi pokok adalah:
- Potensi peserta didik,
- Relevan dengan karakteristik daerah,
- Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik,
- Kebermanfaatan bagi peserta didik,
- Struktur keilmuan,
- Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran,
- Relevan dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, dan
- Sesuai dengan alokasi waktu yang tersedia.
f. Merumuskan indikator pencapaian kompetensi
Indikator pencapaian disusun untuk menetukan keberhasilan pencapaian kompetensi dasar. Dengan demikian, indikator dirumuskan sebagai dasar untuk menyusun
alat penilaian.
g. Menentukan penilaian
Penilaian adalah suatu proses atas serangkaian kegiatan yakni kegiatan memperoleh, menganalisis dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar
peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
h. Menentukan alokasi waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar, didasarkan kepada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan
mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
i. Menetukan sumber belajar
Sumber belajar adalah rujukan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber serta lingkungan fisik,
alam, sosial dan budaya
Contoh Format Silabus
SILABUS
NAMA SKB/PKBM/LKP : ANGIN RIBUT
JENIS VOKASI : TATA BUSANA :
LEVEL 1 : ASISTEN PEMBUAT PAKAIAN
STANDAR KOMPETENSI : Menjahit Dengan Alat Jahit Tangan
ALOKASI WAKTU :
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBEL
.
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENI
-
LAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BEL . | |
TM
|
PR
|
||||||
1. Menyiapkan tempat kerja dan alat untuk menjahit dengan alat jahit tangan | · Menyiapkan penerangan tempat kerja
· Menyiapkan tempat duduk untuk menjahit · Menyiapkan jarum untuk menjahit |
|
§ Instruktur menyampaikan materi tentang tata cara mempersiapkan tempat bekerja
§ Instruktur menyampaikan materi tentang alat jahit tangan § Instruktur menerangkan cara menyiapkan alat jahit tangan § Peserta didik memperhatikan cara mengatur ruang tempat kerja § Peserta didik memraktikkan cara mempersiapkan tempat kerja § Peserta didik mempraktikkan cara menyiapkan alat jahit tangan |
|
Modul |
Makassar, 28 April 2014
Mengetahui
Ketua LKP Angin Ribut
Ttd dan Stempel
(Ibrahim, S. Pd., M. Pd)
|
Instruktur
ttd
(Dra. Rusbaniyah)
|
3. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) adalah program perencanaaan yang disusun sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran untuk setiap kegiatan proses
pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan silabus. Ada instruktur yang beranggapan, mengajar bagi seorang instruktur adalah tugas rutin atau pekerjaan
keseharian, dengan demikian instruktur yang berpengalaman tidak perlu membuat perencanaaan, sebab ia telah tahu apa yang harus dikerjakannya di dalam
pembelajaran. Pendapat itu mungkin ada benarnya seandainya ,mengajar hanya dianggap sebagai proses menyampaikan materi pelajaran. Tetapi, seperti yang
telah kita pelajari mengajar tidak sesempit itu. Mengajar adalah proses mengatur lingkungan supaya peserta didik belajar yang kemudian diistilahkan dengan
pembelajaran.
Dengan demikian, maka setiap proses pembelajaran selamanya akan berbeda tergantung pada tujuan, materi pelajaran serta karakteristik siswa sebagai subjek
belajar. Oleh sebab itu, guru perlu merencanakan pembelajaran dengan matang, sebagai bagian dari tugas professional.
Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas komponen-komponen yang satu sama lain saling berkaitan, dengan demikian maka merencanakan
pelaksanaaan pembelajaran adalah merencanakan setiap komponen yang saling berkaitan. Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran minimal ada lima komponen
pokok, yaitu komponen tujuan pembelajaran, materi pelajaran, metode, media dan sumber pembelajaran serta komponen evaluasi. Hal ini seperti yang digariskan
oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Bab IV Pasal 20 yang menyatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana
pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya beberapa hal, diantaranya:
a. Tujuan pembelajaran
Dalam Standar Standar Kompetensi Lulusan Tujuan pembelajaran dirumuskan dalam bentuk kompetensi yang harus dicapai atau dikuasai oleh peserta didik.
Melalui rumusan tujuan, tenaga pendidik dapat memproyeksikan apa yang harus dicapai oleh peserta didik setelah berakhir suatu proses pembelajaran.
b. Materi/isi
Materi/isi pelajaran yang berkenaan dengan bahan pelajaran yang harus dikuasai siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Materi pelajaran harus digali dari
berbagai sumber belajar sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai.
c. Strategi dan Metode Pembelajaran
Strategi adalah rancangan serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu, sedangkan metode adalah cara yang digunakan untuk mengimplementasikan
strategi. Dengan demikian strategi dan metode itu tidak bisa dipisahkan. Strategi dan metode pembelajaran harus dirancang sesuai dengan tujuan yang ingin
dicapai.
d. Media dan Sumber Belajar
Media dalam proses pembelajaran dapat diartikan sebagai alat bantu untuk mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan sumber belajar adalah segala
sesuatu yang mengandung pesan yang harus dipelajari sesuai dengan materi pelajaran.
e. Evaluasi
Evaluasi dalam diarahkan bukan hanya sekedar untuk mengukur keberhasilan setiap peserta didik dalm pencapaian hasil belajar, tetapi juga untuk mengumpulkan
informasi tentang proses pembelajaran yang dilakukan setiap peserta didik. Oleh sebab itu, dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran setiap tenaga
pendidik tidak hanya menetukan tes sebagai alat evaluasi akan tetapi juga menggunakan nontes dalam bentuk tugas, wawancara, dan lain sebagainya.
CONTOH FORMAT RPP
Nama Lembaga : LKP ANGIN RIBUT
Jenis Vokasi : TATA BUSANA
Level Kompetensi : Asisten 1
Standar Kompetensi : Menjahit dengan alat jahit tangan
Kompetensi Dasar : Menyiapkan tempat kerja dan alat untuk menjahit dengan alat jahit tangan
Alokasi Waktu : 1 Jam x 60 menit
A.
INDIKATOR
· Menyiapkan penerangan tempat kerja
· Menyiapkan tempat duduk untuk menjahit
· Menyiapkan jarum untuk menjahit
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu:
· Mampu menyiapkan penerangan tempat kerja
· Mampu menyiapkan tempat duduk untuk menjahit
· Mampu menyiapkan jarum untuk menjahit
C.
MATERI POKOK
/
PEMBELAJARAN
Menyiapkan tempat dan alat jahit tangan
D.
METODE PEMBELAJARAN
1. Informasi
2. Tanya Jawab
3. Simulasi
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Kegiatan awal
·
Salam pembuka
·
Memberikan pertanyaan seputar
materi
kesiapan bekerja dan menyiapkan alat jahit tangan
- Kegiatan Inti
·
Instruktur menerangkan tentang cara mmenyiapkan ruangan tempat bekerja menjahit dengan jahitan tangan
·
Peserta didik memperhatikan instruktur menerangkan tentang penyiapan tempat kerja menjahit dengan jahitan tangan
·
Instruktur menerangkan penyiapan alat jahit tangan
·
Peserta
mempraktikkan penyiapan tempat kerja menjahit dengan jahitan tangan
·
Peserta didik mempraktikkan cara menyiapkan peralatan jahit tangan
- Kegiatan penutup
·
Instruktur
menyampaikan hal-hal yang masih perlu diperhatikan dalam menyiapkan tempat dan peralatan jahit tangan
·
Instruktur mengucapkan salam penutup
E. SUMBER BELAJAR :
- Modul
- Komputer
F. PENILAIAN
Teknik Penilaian | Bentuk Instrumen | Instrumen |
Tes tertulis | Daftar pertanyaan | 1. Tuliskan bagaimana cara untuk menyiapkan tempat kerja menjahit dengan peralatan tangan
2. Bagaimana bentuk penerangan 3. Tuliskan cara menyiapkan peralatan menjahit dengan tangan |
Tes praktik | Unjuk kerja | |
Makassar, 28 April 2014
Mengetahui
Ketua LKP Angin Ribut
Ttd dan Stempel
(Ibrahim, S. Pd., M. Pd)
|
Instruktur
ttd
(Dra. Rusbaniyah)
|